I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Terbentuknya individu hasil perkawinan
dapat dilihat dalam wujud fenotip, pada dasarnya merupakan
kemungkinan-kemungkinan pertemuan antara gamet jantan dan betina. Keturunan
hasil suatu perkawinan silang tidak dapat dipastikan begitu saja, melainkan
hanya diduga berdasarkan peluang yang ada.
Setelah penemuan Mendel dan
penelitian awal tentang pewarisan sifat secara bebas, diketahui bahwa tidak
semua keturunan yang segregasi dapat dipisahkan menjadi kelas-kelas yang jelas dengan
nisbah yang sederhana. Keragaman nisbah genetika Mendel ini dapat dijelaskan
berdasarkan adanya interaksi gen yaitu pengaruh satu alela terhadap alela yang
lain pada lokus yang sama dan juga pengaruh satu gen pada satu lokus terhadap
gen pada lokus lain.
Menurut Hukum Mendel II pada
pewarisan sifat secara bebas maka gen-gen pembawa sifat tersebut akan bersegresi,
yang dapat dipisahkan menjadi kelas-kelas yang jelas dengan nisbah yang
sederhana. Namun penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa tidak semua
pewarisan sifat itu mengikuti hipotesis Hukum Mendel II. Variasi nisbah dari
nisbah Mendel ini dapat terjadi karena adanya interaksi gen pada saat
pembentukan gamet, (Crowder,1986).
B. Tujuan
Tujuan praktikum interaksi gen ini
adalah:
- Mengetahui bentuk-bentuk interaksi gen yang merupakan penyimpangan dari Hukum Mendel II
- Mengetahui munculnya sifat fenotip yang baru dari interaksi gen
II.
TINJAUAN PUSTAKA
Interaksi gen terjadi apabila dua
atau lebih gen merinci enzim-enzim yang mengkatalis langkah-langkah dalam satu
jalur bersama. Fenotip sendiri merupakan hasil produk gen yang dibawa untuk
diekspresikan ke dalam suatu lingkungan tertentu, (Stanfield,1991).
Menurut Crowder (1986), dominasi
suatu alel yang lain tidak selalu terjadi. Penampakan suatu gen dapat
dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, umur, kelamin, spesies, fisiologis,
genetik, dan faktor-faktor lainnya. Bentuk-bentuk interaksi gen meliputi:
intragenik (intralelik), intergenik, imteraksi gen dengan lingkungan.
Intragenik atau intralelik adalah
interaksi yang terjadi antara dua atau lebih alel yang berasal dari lokus yang
sama, untuk menghasilkan fenotip yang sama. Bentuk interaksi ini meliputi:
- Kodominan yaitu kehadiran alel dominant dari suatu gen menyebabkan efek alel resesif dari lokus yang sama akan tertutupi, sehingga fenotip yang tampak adalah alel dominan.
- Kodominan parsial yakni interaksi antara dua alel yang menghasilkan fenotip antara atau intermediate.
- Kekodominan yaitu alel-alel suatu gen dari lokus yang sama memberikan efek yang sama pada penamppilan fenotipnya.
Bateson (1907)
dalam eksperimennya dengan unggas dan Nilsson Ehle dengan tanaman gandum
menemukan kejadian yang terkenal sebagai epistasis atau hipotasis (
Dwidjoseputro,1981).
Macam-macam epistasis:
- Epistasis dominan (perbandingan 12 : 3 : 1)
- Epistasis resesip (modifying gen) (perbandingan 9 : 3 : 4)
- Epistasis dominan resesip (Inhibiting gen) (perbandingan 13 : 3)
- Epistasis dominan duplikat (polimeri) (perbandingan 15 : 1)
- Epistasis resesip duplikat (Complementary factor) (perbandingan 9 : 7)
- Gen duplikat dengan efek kumulatip (perbandingan 9 : 6 :1).
Penentuan hasil suatu persilangan
apakah menyimpang dari nisbah Hukum Mendel II (untuk persilangan dihibrid
9:3:3:1), perlu diadakan suatu pengujian. Uji yang lazim digunakan adalah
Chi-square.
Rumus untuk uji Chi-square:
X2 =
2 à
untuk 3 atau lebih kelas fenotip
![](file:///C:/Users/SeVeN/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
X2 =
2 à
untuk 2 kelas fenotip
![](file:///C:/Users/SeVeN/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
dimana: X2 =
Chi-square
O = Observasi
E
= Harapan
III.
ALAT DAN BAHAN
A. Alat
- Enam kantong plastik hitam yang berisi kancing berwarna.
B. Bahan
- Alat tulis
- Data pengamatan
- Kalkulator
- Penggaris
IV. PROSEDUR KERJA
1.
Satu dari enam kantong plastik yang berisi kancing
berwarna diambil, kemudian dikocok hingga homogen.
2.
Satu butir kancing diambil dan dicatat hasilnya.
3.
Pengambilan kancing dilakukan 90 dan 160 kali dan
dicatat pada lembar pengamatan yang disediakan.
4.
Data dianalisa dengan uji X2
5.
Cantumkan kode kantong di bagian atas.
6.
Kegiatan satu sampai lima diulangi untuk keenam kantong plastik
yang lainnya.
V. HASIL PENGAMATAN
1. Kantong plastik A
Pengambilan
kancing sebanyak 90 kali, X2tabel=5,99 Perbandingan= 12:3:1
|
Karakteristik
yang diamati
|
|||||
Merah
|
Putih
|
Hitam
|
å
Total
|
|||
O
(observasi)
|
47
|
35
|
8
|
90
|
||
E
(harapan)
|
67,5
|
16,875
|
5,625
|
90
|
||
(O
– E)
|
-20,5
|
18,125
|
2,375
|
0
|
||
(O-E)2
|
420,25
|
328,5
|
5,64
|
75,439
|
||
E
|
6,225
|
19,46
|
1,00
|
26,85
|
||
X2
|
6,225
|
19,46
|
1,00
|
26,85
|
X2 hitung = 26,85
X2 tabel = 5,99
X2 hitung > X2 tabel
Hipotesis
ditolak artinya pengambilan tidak sesuai perbandingan.
Pengambilan
kancing sebanyak 160 kali, X2tabel=5,99 Perbandingan 12:3:1
|
Karakteristik
yang diamati
|
|||||
Merah
|
Putih
|
Hitam
|
å
Total
|
|||
O
(observasi)
|
91
|
55
|
14
|
160
|
||
E
(harapan)
|
120
|
30
|
10
|
160
|
||
(O
– E)
|
-29
|
25
|
4
|
0
|
||
(O-E)2
|
841
|
625
|
16
|
1482
|
||
E
|
7,008
|
20,83
|
1,6
|
29,43
|
||
X2
|
7,008
|
20,83
|
1,6
|
29,43
|
X2 hitung = 29,43
X2 tabel =5,99
X2 hitung >X2
tabel
Hipotesis ditolak
artinya pengambilan tidak sesuai perbandingan.
2. Kantong plastik B
Pengambilan
kancing sebanyak 90 kali, X2tabel=5,99 Perbandingan 9:3:4
|
Karakteristik
yang diamati
|
|||||
|
Hijau
|
Coklat
|
å
Total
|
|||
O
(observasi)
|
47
|
20
|
17
|
90
|
||
E
(harapan)
|
50,625
|
16,875
|
22,5
|
90
|
||
(O
– E)
|
-3,625
|
9,125
|
-5,5
|
0
|
||
(O-E)2
|
13,14
|
83,26
|
30,25
|
126,65
|
||
E
|
0,26
|
4,9
|
1,3
|
6,46
|
||
X2
|
0,26
|
4,9
|
1,3
|
6,46
|
X2 hitung = 6,46
X2 tabel = 5,99
X2 hitung < X2 tabel
Hipotesis ditolak artinya pengambilan tiadak
sesuai dengan perbandingan
Pengambilan
kancing sebanyak 160 kali, X2tabel=
3,84 Perbandingan 9:3:4
|
Karakteristik
yang diamati
|
|||||
|
Hijau
|
Coklat
|
å
Total
|
|||
O
(observasi)
|
101
|
25
|
34
|
160
|
||
E
(harapan)
|
90
|
30
|
40
|
160
|
||
(O
– E)
|
11
|
-5
|
-6
|
0
|
||
(O-E)2
|
121
|
25
|
36
|
182
|
||
E
|
1,34
|
0,83
|
0,9
|
3,07
|
||
X2
|
1,34
|
0,83
|
0,9
|
3,07
|
X2 hitung =
3,07
X2 tabel =
3,84
X2 hitung < X2 tabel
Hipotesis
diterima artinya pengambilan sesuai dengan perbandingan
3. Kantong Plastik C
Pengambilan
kancing sebanyak 90 kali, X2tabel=3,84 Perbandingan 13:3
|
Karakteristik yang
diamati
|
||
Putih
|
Coklat
|
å
Total
|
|
O (observasi)
|
73
|
17
|
90
|
E (harapan)
|
73,125
|
16,875
|
90
|
(O – E)
|
0,125
|
0,125
|
0
|
(O-E)-0,5)2
|
0,14
|
0,14
|
0,28
|
![]() |
0,0019
|
0,0083
|
0,0102
|
X2
|
0,0019
|
0,0083
|
0,0102
|
X2 hitung = 0,0102
X2 tabel =
3,84
X2hitung < X2tabel
Hipotesis diterima artinya
pengambilan sesuai dengan perbandingan.
Pengambilan
kancing sebanyak 160 kali, X2tabel=3,84 Perbandingan 13:3
|
Karakteristik
yang diamati
|
||||
Putih
|
Coklat
|
å
Total
|
|||
O
(observasi)
|
127
|
33
|
160
|
||
E
(harapan)
|
130
|
30
|
160
|
||
|
3
|
3
|
0
|
||
((O-E)-0,5)2
|
6,25
|
6,25
|
12,5
|
||
![]() |
0,048
|
0,208
|
0,256
|
||
X2
|
0,048
|
0,208
|
0,256
|
X2
hitung = 0,256
X2
tabel = 3,84
X2hitung
< X2tabel
Hipotesis diterima artinya pengambilan
sesuai dengan perbandingan.
4. Kantong Plastik D
Pengambilan
kancing sebanyak 90 kali, X2tabel=3,84 Perbandingan 15:1
|
Karakteristik yang
diamati
|
||
Kuning
|
Hitam
|
å
Total
|
|
O (observasi)
|
83
|
7
|
90
|
E (harapan)
|
84,37
|
5,63
|
90
|
(O – E)
|
1,37
|
1,38
|
2,75
|
(O-E)-0,5)2
|
0,75
|
0,77
|
1,57
|
![]() |
0,008
|
0,13
|
0,138
|
X2
|
0,008
|
0,13
|
0,138
|
X2 hitung = 0,138
X2 tabel = 3,84
X2hitung < X2tabel
Hipotesis diterima artinya
pengambilan sesuai dengan perbandingan.
Pengambilan
kancing sebanyak 160 kali, X2tabel=3,84 Perbandingan 15:1
|
Karakteristik yang
diamati
|
||
Kuning
|
Hitam
|
å
Total
|
|
O (observasi)
|
148
|
12
|
160
|
E (harapan)
|
150
|
10
|
160
|
(O – E)
|
2
|
2
|
4
|
(O-E)-0,5)2
|
2,25
|
2,25
|
4,5
|
![]() |
0,015
|
0,225
|
0,24
|
X2
|
0,015
|
0,225
|
0,24
|
X2 hitung = 0,24
X2 tabel = 3,84
X2hitung < X2tabel
Hipotesis diterima artinya pengambilan
sesuai dengan perbandingan.
5. Kantong Plastik E
Pengambilan
kancing sebanyak 90 kali, X2tabel=3,84 Perbandingan 9:7
|
Karakteristik yang
diamati
|
||
Coklat
|
Hitam
|
å
Total
|
|
O (observasi)
|
49
|
41
|
90
|
E (harapan)
|
50,62
|
39,75
|
90,37
|
(O – E)
|
1,62
|
1,25
|
2,81
|
(O-E)-0,5)2
|
1,25
|
0,56
|
1,81
|
![]() |
0,024
|
0,014
|
0,038
|
X2
|
0,024
|
0,014
|
0,038
|
X2 hitung =
0,038
X2 tabel =
3,84
X2hitung > X2tabel
Hipotesis diterima artinya
pengambilan sesuai dengan perbandingan.
Pengambilan
kancing sebanyak 160 kali, X2tabel=3,84 Perbandingan 9:7
|
Karakteristik yang
diamati
|
||
Coklat
|
Hitam
|
å
Total
|
|
O (observasi)
|
83
|
77
|
160
|
E (harapan)
|
90
|
70
|
160
|
(O – E)
|
7
|
7
|
14
|
(O-E)-0,5)2
|
42,25
|
42,25
|
84,5
|
![]() |
0,47
|
0,60
|
1,07
|
X2
|
0,47
|
0,60
|
1,07
|
X2 hitung = 1,07
X2 tabel = 3,84
X2hitung < X2tabel
Hipotesis diterima artinya pengambilan
sesuai dengan perbandingan.
6. Kantong plastik F
Pengambilan
kancing sebanyak 90 kali, X2tabel=5,99 Perbandingan 9:6:1
|
Karakteristik
yang diamati
|
|||||
Hitam
|
Kuning
|
Merah
|
å
Total
|
|||
O (observasi)
|
47
|
37
|
6
|
90
|
||
E (harapan)
|
50,62
|
33,75
|
5,63
|
90
|
||
(O – E)
|
-3,62
|
3,25
|
0,36
|
0
|
||
(O-E)2
|
13,10
|
10,56
|
0,12
|
23,78
|
||
E
|
0,25
|
0,37
|
0,021
|
0,581
|
||
X2
|
0,25
|
0,37
|
0,021
|
0,581
|
X2 hitung = 0,581
X2 tabel = 5,99
X2
hitung < X2 tabel
Hipotesis
diterima artinya pengambilan sesuai perbandingan.
Pengambilan
kancing sebanyak 160 kali, X2tabel=5,99 Perbandingan 9:6:1
|
Karakteristik
yang diamati
|
|||||
Hitam
|
Kuning
|
Merah
|
å
Total
|
|||
O
(observasi)
|
94
|
53
|
13
|
160
|
||
E
(harapan)
|
90
|
60
|
10
|
160
|
||
(O
– E)
|
4
|
7
|
3
|
0
|
||
(O-E)2
|
16
|
49
|
9
|
74
|
||
E
|
0,17
|
0,82
|
0,9
|
1,89
|
||
X2
|
0,17
|
0,82
|
0,9
|
1,89
|
X2 hitung =
1,89
X2 tabel =
5,99
X2 hitung >X2
tabel
Hipotesis diterima artinya pengambilan
sesuai perbandingan.
VI.
PEMBAHASAN
Hukum Mendel II
tentang berpadu bebasnya gen-gen pada saat pembentukan gamet untuk persilangan
dihibrid akan memberikan nisbah atau perbandingan 9:3:3:1. Namun tidak semua
hasil persilangan nisbahnya mengikuti nisbah Hukum Mendel II. Variasi fenotip
yang menyimpang dari Hukum Mendel II terjadi karena adanya interaksi antar gen.
Interaksi antar gen akan menyebabkan sifat keturunan F1 tidak menyerupai
parental (induk) dan munculnya fenotip-fenotip baru pada keturunan F2-nya.
Interaksi antar gen (intergenik) akan
menyebabkan peristiwa epistasis yaitu penutupan ekspresi oleh pasangan gen
lain. Sebuah atau sepasang gen yang menutupi ekspresi gen lain yang bukan
alelnya dinamakan gen yang epistasis. Gen yng dikalahkan ekspresinya dinamakan
gen hipostasis, (Suryo,1992).
Penampilan luar
suatu individu atau fenotip diatur oleh gen-gen
yang dimilikinya dan interaksi dengan lingkungan. Umumnya satu gen mengatur
satu sifat , tetapi adakalanya satu sifat diatur oleh dua gen atau lebih. Salah
satu contohnya adalah pada peristiwa epistasis yakni penutupan ekspresi suatu
alel (gen) oleh alel yang lain yang berasal dari lokus yang berbeda.
Macam-macam
epistasis pada penyimpangan hukum Mendel II yaitu:
1.
Epistasis dominan (perbandingan 12 : 3 : 1)
Epistasis
dominan adalah peristiwa di mana gen dominan menutupi gen dominan lain yang
bukan alelnya. Faktor pembawa sifat yang menutup disebut epistasis, sedangkan
sifat yang tertutup disebut hipostasis.
Contoh:
pada warna buah squash
Warna putih (W) dominan terhadap kuning (Y)
dan hijau (y)
Kuning (Y) gen warnanya dihambat oleh W tapi
dominan terhadap
warna hijau.
P1 WWYY x wwyy
putih hijau
F1 WwYy
putih
F2 9 W-Y- : 3 W-yy:3wwYy:1wwyy
12 putih:3kuning:1hijau
2.
Epistasis resesif (modifying gen) (perbandingan 9 : 3 :
4)
Epistasi resesif
atau kriptomeri adalah peristiwa pembastaran, di mana suatu faktor dominan
tersembunyi oleh suatu faktor dominan lainnya dan baru tampak bila tidak
bersama-sama dengan faktor penutup itu.
Contoh: warna
kulit tanaman bawang merah
C=gen dominan yang diperlukan untuk
menghasilkan warna kuning
c=alel tak aktif yang menghalangi
pembentukan warna.
R=gen dominan untuk warna merah
r=alel resesif untuk warna kuning.
P1 CCrr x ccRR
kuning putih
F1 CcRr
merah
F2 9
C-R- : 3 C-rr : 3ccR- : 1ccrr
9merah : 3kuning : 4putih
3.
Epistasis dominan resesif (Inhibiting gen)
(perbandingan 13 : 3)
Epistasis
dominan resesif adalah penyimpangan semu yang terjadi karena terdapat dua gen
dominan yang jika bersama-sama pengaruhnya akan menghambat pengaruh salah satu
gen dominan tersebut.
Contoh:
pada warna kulit bawang merah
C=dominan
untuk pembentukan warna
c=resesif
yang menghambat timbulnya warna
I=gen
dominan epistatik yang menghambat pembentukan warna
P1 IICC x iicc
putih putih
F1 IiCc
putih
F2 9I-C- : 3I-cc : 3iiC- : 1iicc
12 putih : 3 berwarna : 1 putih
= 13 putih : 3 berwarna
4.
Epistasis dominan duplikat (polimeri) (perbandingan 15
: 1)
Epistasis dominan duplikat adalah gen dengan banyak sifat beda yang
berdiri sendiri-sendiri, tetapi mempengaruhi bagian yang sama dari suatu
organisme.
Contoh: pada bentuk polong tanaman Shepherds purse
T1 =gen
dominan untuk bentuk segitiga
T2 =gen
lain untuk bentuk segitiga
t1 dan t2 =gen
resesif untuk bulat telur
P1 T1T1T2T2 x t1t1t2t2
segitiga bulat
telur
F1 T1t1T2t2
segitiga
F2 9T1-T2- : 3T1-t2t2 : 3t1t1T2- :
1t1t1t2t2
15 segitiga : 1 bulat telur
5.
Epistasis resesif duplikat (Complementary factor)
(perbandingan 9 : 7)
Epistasis resesif duplikat adalah interaksi antara dua gen dominan, jika
terdapat bersama-sama akan saling melengkapi sehingga muncul fenotip alelnya.
Bila salah satu gen tidak ada maka pemunculan sifat terhalang.
Contoh: pada warna bunga tanaman kapri
C=dominan untuk pembentukan warna
P=dominan untuk penghasil pigmen warna ungu
P1 CCpp x ccPP
putih putih
F1 CcPp
ungu
F2 9C-P- : 3C-pp : 3 ccP- : 1ccpp
9 ungu : 7 putih
6.
Gen duplikat dengan efek kumulatif (perbandingan 9 : 6
:1).
Penyimpangan semu ini terjadi karena terdapat dua gen dominan yang
mempengaruhi bagian tubuh makhluk hidup yang sama. Jika berada bersama-sama,
fenotipnya merupakan gabungan dari kedua sifat gen-gen dominan tersebut.
Contoh: pada bentuk buah tanaman Squash. Dua gen dominan
apabila berdiri sendiri
akan mempengaruhi diameter dan menghasilkan bentuk bulat, tetapi apabila bersama-sama maka
pengaruhnya adiktif dan lebih memperbesar
diameter sehingga diperoleh bentuk buah bulat pipih.
P1
AAbb x aaBB
bulat bulat
F1 AaBb
bulat pipih
F2 9 A-B-: 3 A-bb : 3 aaB- : 1 aabb
9 bulat pipih : 6 bulat : 1 memanjang
Hipotesis akan diterima jika
nilai X2 hitungnya lebih kecil dari nilai X2 tabel yang
artinya pengambilan sesuai dengan perbandingan yang telah ditetapkan. Tidak
semua pengambilan kancing yang merupakan peragaan sederhana dari
peristiwa-peristiwa epistasis sesuai dengan perbandingan atau nisbah yang telah
ditetapkan baik pengambilan sebanyak 90X maupun 160X. Pada kantong A (epistasis
dominan) semuanya tidak sesuai dengan perbandingan yang telah ditentukan. Pada
Kantong A, B (epistasis resesif duplikat) pengambilan 90X pengambilan tidak
sesuai dengan perbandingan yang telah ditentukan dan pada kantong A (gen
duplikat dengan efek kumulatif) pengambilan 160X pun tidak sama dengan
perbandingan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekeliruan dalam pencatatan warna
kancing yang diambil atau bisa juga disebabkan pada saat pengambilan kancing
yang tidak melalui proses pengocokkan terlebih dahulu. Faktor yang mempengaruhi
interaksi gen adalah lingkungan, kelamin, spesies, fisiologis, genetik, dan
faktor-faktor lainnya.
VII. KESIMPULAN DAN
SARAN
A.
Kesimpulan
1.
Macam-macam epistasis pada penyimpangan hukum Mendel II
yaitu:
1.
Epistasis dominan (perbandingan 12 : 3 : 1)
2.
Epistasis resesif (modifying gen) (perbandingan 9 : 3 :
4)
3.
Epistasis dominan resesif (Inhibiting gen)
(perbandingan 13 : 3)
4.
Epistasis dominan duplikat (polimeri) (perbandingan 15
: 1)
5.
Epistasis resesif duplikat (Complementary factor)
(perbandingan 9 : 7)
6.
Gen duplikat dengan efek kumulatif (perbandingan 9 : 6
:1).
2.
Interaksi gen menyebabkan perbandingan fenotip perkawinan dihibrid pada F2 menyimpang
dari Hukum Mendel II.
B.
Saran
Secara keseluruhan praktikum acara
IV ini sudah cukup baik. Hanya saja pada saat assisten memberikan materi kurang
bisa dicerna secara langsung oleh praktikan. Saran saya agar assisten dapat
menyampaikan materi lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Adisoemarto, soenartono. 1988. Genetika Edisi Ketiga. Erlangga :
Jakarta
Campbell, Jane B. Reece, Lawrence G. Mitchel. 2002. Biologi. Erlangga: Jakarta
Crowder, L. V. 1982. Genetika
Tumbuhan.Gadjah Mada
University Press:Yogyakarta .
Dwidjoseputro,
D. 1997. Pengantar Genetika.
Bhatara: Jakarta .
Standfield, W. D. 1991. Genetika: Teori dan
Soal-Soal.Erlangga:Jakarta .
Suryo. 1984. Genetika. Gadjah Mada University Press:Yogyakarta .
Yatim, Wildan. 1983. Genetika. Tarsito: Bandung .
http://www.wikipedia.org
. Diakses tanggal 15 mei 2009, pukul 19.35
Tidak ada komentar:
Posting Komentar